Evakuasi Ibu Melahirkan

Kronologis kegiatan evakuasi masyarakat salubanga yang melahirkan menggunakan helikopter TNI AD pada saat kegiatan dorlog pada 27 Juli2019 sbb :

a. Pada pukul 07.30 Wita 7 orang personel yang terdiri dari 5 orang crew helikopter TNI AD dan 2 org pers Satgas Tindak Tinombala melaksanakan dorlog dari Yonif 714 menuju Wilayah Dsn. Salubanga Kab. Parimo Dipimpin Mayor Cpn Andung Riyadi.

b. Pada pukul 07.45 Wita setibanya di Dusun Salubanga ketika sedang menurunkan personel serta logistik, ada permintaan bantuan dari Dan Pos Air Teh a.n. Lettu Inf Handarwoko berkaitan adanya masyarakat yang butuh evakuasi cepat menuju Puskesmas Sausu dikarenakan ada masyarakat yang melahirkan di rumah a.n Heriani warga Dusun Tagara Atas. Akan tetapi sebagian badan dari bayi masih tertinggal di dalam kandungan. Kondisi saat itu ibu dan anak dalam kondisi kritis dikarenakan di wilayah tersebut tidak terdapat tenaga medis. Adapun kendaraan roda 4 jenis Jeep tetapi memakan waktu perjalanan 5 jam menuju Puskesmas Sausu. Kemudian helikopter TNI AD kembali terbang menuju Dusun Air Teh dengan waktu tempuh 1 menit dari Dusun Salubanga.

c. Pukul 08.00 Wita helikopter TNI AD tiba di Dusun Air Teh sambil menunggu proses evakuasi Ibu Heriani tersebut dari Dusun Tagara dengan waktu tempuh menuju Dusun Air Teh ± 45 menit perjalanan menuju Dusun Air Teh.

d. Pada pukul 09.00 Wita setibanya Ibu Heriani di Dusun Air Teh, helikopter TNI AD Dipimpin Mayor Andung Riyadi langsung melaksanakan evakuasi menuju Desa Sausu dengan waktu tempuh ± 6 menit perjalanan udara.

e. Pada pukul 09.10 setibanya di Dusun Sausu, langsung disambut oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Sausu untuk dilakukan tindakan lebih lanjut oleh petugas kesehatan setelah dikoordinasikan oleh Danpos Air Teh a.n. Lettu Inf Handarwoko. Kemudian crew helikopter TNI AD langsung kembali menuju Yonif 714 dan telah landing dalam keadaan aman.

f. Saat ini Ibu Heriani telah melahirkan dalam keadaan aman dengan kondisi ibu dan anak dalam kondisi sehat yang berjenis kelamin laki-laki yang dimana dari pihak keluarga memberikan nama kepada anaknya dengan nama Muhammad Helly Perkasa. Kemudian pihak keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Tinombala dan crew helikopter TNI AD yang telah membantu dalam proses evakuasi persalinan.